5 Kadal Unik Yang Terkenal Di Dunia

1. Mexican Mole Lizard

Kadal Tanah Mexico

Kadal tikus meksiko atau biasa dikenal dengan Baja Worm (Bipes Biporus) adalah spesies amphisbaeninan, kadal ini mempunyai penyebaran yang terbatas atau endemik di Baja, Meksiko. Kadal ini berwarna merah muda seperti cacing dengan panjang 18-24 cm, dan dapat bertahan hidup satu sampai dua tahun. Keunikan kadal ini adalah terdapat dua kaki depan tanpa kaki belakang, menjadikan kaki ini lebih terlihat seperti tangan untuk membantu menggali tanah berpasir. Meskipun dari hasil penelitian para ilmuwan terlihat sisa tulang kaki belakang pada sinar X. Ekor pada kadal ini mirip seperti cacing yang bersifat autotomus atau tanpa kemampuan regenerasi. Kadal ini menghabiskan hidupnya di dalam tanah yang membuat kadal ini jarang terlihat.

2. The Gila Monster

Kadal Monster Gila Amerika

Kadal Monster Gila (Heloderma Suspum) adalah kadal asli terbesar yang berasal dari Amerika Serikat. Dengan spesimen terbesar yang pernah ditemukan memiliki berat 2.300g. Panjang ekor kadal ini sekitar 20% dari total panjang tubuhnya, dengan spesimen terpanjang mencapai 51-56 cm panjang totalnya. Monster Gila merupakan kerabat dekat kadal manik-manik (H.Horridum), nama Gila sendiri diambil dari nama sebuah sungai (Gila River) yang mengalir diantara Arizona dan New Mexico. Meskipun kadal ini beracun, gerakannya yang lambat menjadikan kadal ini bukanlah sebuah ancaman bagi manusia.

3. Red-Eyed Crocodile Skinks

Kadal Duri Irian Jaya

Kadal ini mempunyai keunikan berupa lingkaran merah di sekeliling matanya, dengan sifat yang jinak, kadal ini merupakan kadal peliharaan yang eksotik. Kadal duri mata merah (Tribolotus Gracilis) ini berasal dari pulau Irian Jaya, dengan ukuran dewasa mencapai 25 cm kadal ini dapat hidup sampai 10 tahun.

4. Thorny Devil

Kadal Naga Berduri

Kadal Iblis Berduri (Moloch Horridus) juga sering disebut sebagai naga berduri atau setan gunung merupakan kadal endemik Australia. Kadal yang mempunya panjang sampai 21 cm ini dapat hidup sampai 20 tahun. Nama dari kadal ini terinsprasi dari sebuah puisi karya John Milton berjudul “Paradise Lost”, dimana dalam puisi tersebut terdapat kisah dewa moloch yang mengerikan dan berlumuran darah pengorbanan manusia. Keunikan kadal ini adalah badan yang dipenuhi duri seperti paku mulai dari kepala hingga ujung ekornya. Keunikan lainnya yaitu kadal ini mempunyai kepala palsu di pundak mereka. Sehingga saat kadal ini terancam, mereka akan menyelipkan kepala diantara kedua kaki depannya untuk memperlihatkan kepala palsu mereka.

5. Marine Iguana

Iguana Laut

Marine Iguana (Amblyrhynchus cristatus) atau lebih dikenal dengan iguana laut, merupakan hewan endemik kepulauan Galapagos. Kadal ini mempunyai kemampuan unik daripada kadal lainnya yaitu satu-satunya kadal yang mencari makan di laut. Marine Iguana dapat menyelam 10 meter di bawah permukaan air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *